6 Rekomendasi Film Horor untuk Perayaan Halloween 2022

2 min read

death bell film horor korea

Senang sekali melihat perkembangan film horor Indonesia saat ini. Mulai dari Pengabdi Setan 2: Communion yang bikin nggak sabar menunggu film ketiganya, Inang yang menyajikan konsep horor berbeda, sampai Qodrat yang saat ini sedang tayang di bioskop.

Nah, untuk perayaan Halloween kali ini, aku punya rekomendasi film horor yang wajib banget kamu tonton nih! Nggak cuma menyuguhkan cerita seram, tapi juga kualitasnya juara. Let’s find out!

#6 The Medium (2021)

Film mokumenter dari Thailand ini bercerita tentang sebuah tim dokumenter yang datang ke suatu desa untuk meliput Nim (Sawanee Utooma). Dia adalah dukun yang bisa jadi perantara kepada Dewa Bayan yang dipuja masyarakat setempat. Nim menggantikan saudara perempuannya, Noi (Sirani Yankittikan), yang menolak jadi dukun. Noi punya anak perempuan bernama Mink (Nailya Gulmongkolpech).

Suatu hari Nim menyadari sikap keponakannya aneh. Sikap itu mengingatkanya pada waktu pertama kali dia jadi medium untuk Dewa Bayan. Saat Nim yakin Mink akan jadi penerusnya, keyakinan Nim diuji. Apakah benar Dewa Bayan bersemayam di tubuh keponakannya? Atau malah ada hal lain?

Meski alur film ini agak slow, menurutku ada banyak pertanyaan-pertanyaan yang cukup bikin aku penasaran untuk nonton sampai habis. Apalagi, mulai pertengahan sampai akhir, terornya cukup terasa!

#5 Death Bell (2008)

Death Bell berkisah tentang 20 murid teladan yang ikut kelas tambahan dan akhirnya terjebak di sekolah dengan serangkaian misteri dan teror. Teror pertama dimulai ketika sebuah TV tiba-tiba menampilkan seorang murid berada dalam tangki yang airnya terus terisi. Murid yang berada di kelas harus memecahkan sebuah soal agar bisa menyelamatkan temannya itu.

Selain banyak teror yang disajikan, perpaduan antar cerita yang memberikan beragam pesan moral dan kental akan budaya Korea membuat film ini jadi salah satu film favoritku. Wajib banget deh kamu coba!

#4 IT (2017)

Film yang diangkat dari novel Stephen King ini salah satu film horor yang wajib ditonton. Film berlatar 1989 ini bercerita tentang sebuah kota kecil bernama Derry yang diteror hantu badut misterius yang menyebabkan banyak anak hilang. Salah satunya adalah Georgie (Jackson Robert Scott), adik dari Billy (Jaeden Lieberher). Masih nggak terima dengan kepergian sang adik, Billy mengajak teman-temannya mengungkapkan misteri hilangnya anak-anak di kota itu.

Walaupun bagiku IT bukan film horor yang menyeramkan, tapi ceritanya kuat. Sinematografi hingga scoring-nya sangat bagus sehingga film ini layak jadi salah satu film terbaik adaptasi novel Stephen King.

#3 The Shining (1980)

Masih diangkat dari novel Stephen King, The Shining yang rilis pada 1980 ini bisa dibilang sebagai salah satu film horor terbaik pada masanya. Meski minim jump scare dan adegan gore, film ini masih bisa memberikan kengerian lewat cerita yang dibawakan. Apalagi, banyak adegan dan scoring yang sangat memorable.

The Shining bercerita tentang Jack Torrance (Jack Nicholson), seorang penulis novel yang mendapat perkerjaan baru sebagai penjaga Hotel Overlook selama musim dingin. Dia pindah membawa istrinya, Wendy (Shelley Duvall), dan sang anak, Danny “Doc” Torrance (Danny Lloyd). Teror terjadi kepada keluarga sejak Danny mulai peka terhadap hal-hal aneh di hotel dan juga mental Jack yang perlahan menjadi nggak waras.

#2 Pengabdi Setan (2017)

Kayaknya gak afdol kalau nggak memasukkan Pengabdi Setan sebagai salah satu film horor yang wajib ditonton saat Halloween. Film yang disutradarai Joko Anwar ini jadi salah satu film horor Indonesia yang paling ikonik. Hantu “Ibu” yang diperankan Ayu Laksmi ini jadi unsur utama kengerian di film ini.

Menurutku, Pengabdi Setan bisa dibilang salah satu film horor Indonesia yang cukup menjanjikan terlepas dari beberapa plot hole di film pertamanya (yang nanti akan terjawab di film kedua). Cerita yang diangkat berpusat pada sebuah keluarga yang terdiri dari Ayah (Bront Palarae), Ibu (Ayu Laksmi), dan empat anak. Setelah sang ibu meninggal karna sakit selama bertahun-tahun, keluarga ini mendapat teror serta misteri tentang sang ibu pun terkuak.

#1 Rumah Dara (2009)

Dan film yang paling wajib ditonton adalah Rumah Dara garapan sutradara Mo Bros (Kimo Stamboel dan Timo Tjahjanto). Film yang dirilis pada 2010 ini jadi film antimainstream karena mengangkat tema horor, thriller, dan gore secara bersamaan di saat masih jarang film horor Indonesia menampilkan adegan sadis secara nyata. Buat kamu yang mau nonton ini, siap-siap ya karena banyak banget adegan disturbing dan darah berceceran. Tapi, justru itu yang menurutku jadi daya pikat film ini.

Rumah Dara bercerita tentang sekelompok anak muda yang terjebak di rumah milik seorang pembunuh misterius yang bernama Dara. Film ini sudah diputar di berbagai festival film internasional dan meraih banyak penghargaan. Sayangnya, film ini dilarang tayang di Malaysia karena dianggap nggak lulus sensor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please follow us on Instagram @unitalk.id and Twitter @unitalkid! See you there!