Black Adam Hero atau Villain?

Film terbaru DCEU yang dibintangi Dwayne Johnson

2 min read

black-adam-dwayne-johnson

Black Adam tayang hari ini di bioskop Indonesia! Film ini merupakan salah satu film Warner Bros. yang digadang-gadang bakal menghebohkan 2022 dan 2023. Dibandingkan Joker, sosok Black Adam ini belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Oleh karean itu, memilih Dwayne Johnson dianggap sebagai langkah yang tepat.

“Saya sudah latihan untuk jadi Black Adam sejak baru lagi. Aku yakin aku terlahir untuk memerankan karakter ini. Tapi sejujurnya, saya sudah menggarap proyek [Black Adam] ini selama 10 tahun. Mulai dari materi dibuat sampai sekarang. Waktu tanggal produksi sudah disetujui oleh Seven Bucks, tim saya, Warner Bros. Studio, dan DC Comics, saya mulai melakukan program pelatihan dengan Coach Dave Rienzi. Saya ingin menampilkan Black Adam dalam versi terbaik saya.”

Dwayne “The Rock” Johnson (Dilansir dari MOVIEWEB)

Black Adam Versi Buku Komik

black adam dc comic

Dalam komik The Marvel Family Vol. 1 yang terbit pada 1945, Otto Binder dan C.C. Beck memperkenalkan Black Adam. Dia merupakan orang Mesir bernama Teth-Adam yang terpilih sebagai penerus Wizard (pada akhirnya Billy Batson terpilih karena Teth-Adam dianggap kurang bermoral).

Saat dia mengucapkan “Shazam”, dia berubah menjadi Black Adam. Dia menggunakan kekuatannya untuk membunuh para tiran dan mengambil alih takhta. Gara-gara itu, dia diasingkan ke bintang yang sangat jauh. Lima ribu setelahnya, Black Adam kembali ke bumi. Dia membunuh Billy Batson yang sudah tua dan mencoba membuat Black Adam mengucap “Shazam” agar kembali ke wujud Teth-Adam.

Karakter Black Adam hadir lagi pada 1973 saat DC Comics mendapat hak terbit Captain Marvel. Karena hak cipta nama itu dipegang Marvel Comics, DC pun mengubahnya jadi Shazam! Black Adam muncul pada cerita tentang awal mula Shazam. Kekuatannya diceritakan cukup untuk melawan Superman. Tapi pada abad ke-21, dia dijadikan antihero oleh penulis film DC Geoff Johns dan David S. Goyer.

Buku komik mereka, Justice Society of America (JSA), fokus pada karakter-karakter lama yang punya cita-cita militan tentang keadilan dan pendirian kuat agar terlihat kontras dari karakter lain. Black Adam sempat menjadi salah satu anggota JSA dan terlibat dalam beberapa storyline utama DC. Misalnya, Infinite Crisis, 52, Forever Evil, dan Doomsday Clock.

Karakter Pendukung Black Adam

black adam adrianna tomaz isis

Meski awalnya dia adalah villai-nya Shazam, Black Adam punya banyak karakter yang mendukungnya. Salah satunya adalah Adrianna Tomaz alias Isis (terinspirasi dari karakter utama The Secrets of Isis). Dia adalah wanita Mesir muda yang dibebaskan Black Adam. Isis lah yang membuat Black Adam punya pandangan baru tentang dunia. Yap, thanks to Adrianna, Black Adam jadi melakukan hal-hal baik. Di hari pernikahan mereka, Black Adam memberikan gelang yang memberi Adrianna kekuatan Dewi Isis. Karakter ini juga diusung dalam film Black Adam yang diperankan oleh Sarah Shahi.

Karakter penting lain adalah Amon Tomaz, kakak Isis. Amon menjadi Osiris dan mendapat kekuatan untuk menyembuhkan dari Penguasa. Karakter ini merupakan anggota Teen Titans dan dalam film Black Adam diperankan oleh aktor muda Bodhi Sabongui.

Penampilan Black Adam sebelum Film Terbaru

black adam batman the brave and the bold

Sebagai salah satu villain terkuat DC Universe, Black Adam sering diangkat ke dalam proyek di luar komik. Misalnya, serial animasi Batman: The Brave and the Bold, Young Justice, dan Justice League Action. Pada 2010, Black Adam adalah villain utama film animasi pendek DC Superman/Shazam! The Return of Black Adam.

Kekuatan villain ini juga pernah ditampilkan pada trailer sinematik game DC Universe Online, dimana Black Adam melawan Green Lantern dan The Flash. Karakter ini pun bisa dimainkan pada Injustice: Gods Among Us dan Injustice 2.

Detail Plot Film Black Adam

Kali ini, Black Adam akan bertemu JSA versi DC Extended Universe (DCEU) sehingga turut hadir karakter Doctor Fate (Pierce Brosnan), Hawkman (Aldis Hodge), Cyclone (Quintessa Swindell), dan Atom Smasher (Noah Centineo). Selain itu, villain Sabbac juga akan tampil dan diperankan oleh Marwan Kenzari. Dalam film, Sabbac adalah Ishmael Gregor yang merupakan pemimpin organisasi kriminal dan dirasuki setan. Hal itulah yang memaksa Black Adam bekerja sama dengan Justice Society.

Ada yang sudah nonton film Black Adam di bioskop? Film ini punya dampak signifikan terhadap masa depan DCEU lho!

One Reply to “Black Adam Hero atau Villain?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please follow us on Instagram @unitalk.id and Twitter @unitalkid! See you there!