Review Drama Korea Connect

Debut Sutradara Jepang Takashi Miike yang Berantakan

1 min read

connect korean drama jung hae-in

Connect adalah drama Korea yang paling aku tunggu bulan ini. Dibintangi Jung Hae-in dan Ko Kyoung-pyo, Connect bercerita tentang manusia yang nggak bisa mati dan secara nggak sengaja “terhubung” dengan seorang psikopat. Kok nggak bisa mati? Punya superpower? Terhubung gimana maksudnya?


Ha Dong-soo (Hae-in) adalah seorang pemuda biasa. Dia selalu menyendiri karena sejak kecil dicap sebagai monster. Sebab, jika dia terluka, akan terlihat akar bergerak menjulur keluar untuk menutup luka tersebut. Jika tulangnya patah dan bengkok ke arah yang nggak masuk akal, dia bisa meluruskan kembali seperti semula. Kalau bagian tubuhnya terpotong, akar-akar itu keluar dari kedua sisi terpotong dan berusaha merekat kembali.

Suatu hari, Dong-soo ditangkap kelompok penjual organ. Dadanya dibelah dan bola matanya dicongkel keluar. Tapi berkat kemampuannya, dia berhasil kabur. Sayangnya, satu bola mata tertinggal dan malah dipasangkan ke Oh Jin-seob (Kyoung-pyo). Gara-gara itu, Dong-soo kadang bisa melihat apa yang dilihat Jin-seob. Ternyata, dia adalah pembunuh yang memamerkan korbannya bak karya seni.

Dong-soo pun berusaha mengambil kembali bola matanya. Di sisi lain, dia terus dikejar oleh komplotan penjual organ yang menyebutnya connect sebagai legenda urban. Bagi mereka, kalau nggak bisa mati ya berarti bisa menghasilkan banyak duit! Dong-soo pun juga dicurigai polisi sebagai pelaku art corpse bikinan Jin-seob.

connect disney ko kyoung-pyo

Dilihat dari sinopsisnya udah terlihat kalau banyak banget hal yang terjadi di waktu bersamaan. Padahal, jumlah episode Connect cuma enam lho. Meski kemungkinan ini baru season pertama, terlalu pendek untuk mewadahi cerita sekompleks itu. Iya, aku tahu kalau orang-orang berekspektasi tinggi terhadap drama Korea pertama sutradara Jepang Takashi Miike ini. Dari segi cerita, aku suka banget!

Menurutku, cerita jadi berantakan gara-gara pihak kepolisian yang dikepalai Detektif Choir (Kim Roe-ha). Seharusnya, mereka fokus mengejar pembunuh corpse art killer. Memang wajar kalau mereka mencurigai Dong-soo. Namun, lama-lama kok mereka mengurusi kelompok penjual organ dan juga Dong-soo sebagai connect.

Yang paling nggak masuk akal adalah saat Jin-seob membunuh dua teman kerjanya di rooftop kantor. Kejadian itu kan nggak direncanakan, jadi kemungkinan lebih ada petunjuk semacam Kim Rae-won di drama Korea The First Responders (2022). Eh, polisi malah fokus ke Dong-soo yang saat itu menerobos masuk sehingga diamankan petugas. Apakabar TKP dan barang bukti yang menempel pada korban?

Padahal, Detektif Choir ini dibuat seperti detektif kawakan lho. Saat bertanya pada Jin-seob sebagai kepala tim dua korban yang meninggal, Detektif Choir bisa melihat gerak-gerik Jin-seob yang nggak di-notice orang lain. Untuk menambah unsur mitosnya, Detektif Choir juga dibuat mimisan tiap kali dia punya firasat yang mengarah ke penyelesaian kasus. Sangat disayangkan. Karakter ini dibuat “wow”, tapi lupa basic-nya.

drama korea connect kim hye-jun

Kehadiran connect cewek bernama Choi I-rang (Kim Hye-jun) juga semakin memperumit cerita. Sebab, dia mengarahkan cerita ke sebuah perusahaan yang melakukan eksperimen sehingga muncullah orang-orang connect seperti dia dan Dong-soo. Berarti, kemungkinan season selanjutnya ngomongin perusahaan itu kan?

Nah, I-rang dan Dong-soo sempat terlibat hubungan romantis. Awalnya sih nggak ada tanda-tanda bakal dibawa ke sana ya. Namun, sebenarnya make sense kalau percintaan mereka dibuat sangat singkat. Mungkin aja mereka sama-sama capek setelah kejar-kejaran dan sudah menyendiri cukup lama. Rasanya lega aja kan ada manusia lain yang sama-sama “aneh” dan bisa memahami apa yang sudah dilewati selama ini.

jung hae-in connect

Meski agak kecewa dengan hasil eksekusinya, aku tetap merekomendasikan drama Korea Connect untuk kamu yang suka thriller. Perlu diketahui, banyak adegan agak “seram” mengingat pembunuhnya brutal dan karakter-karakternya nggak sungkan menusuk/membacok orang. Alhasil, aku sering skip karena geli mendengar suaranya.

Connect

Sutradara: Takashi Miike | Penulis: Shin Dae-sung (Webtoon), Masaru Nakamura

Originality
Plot
Characters
Music Score
Entertainment Value

Pecinta thriller nggak ada salahnya mencoba

Connect mungkin akan lanjut ke season kedua. Cerita menarik yang berjibun dalam satu judul seperti ini bakal lebih bagus kalau diceritakan dalam episode lebih banyak.

3.4

One Reply to “Review Drama Korea Connect”

  1. Waaaaah mau nonton tapi belum sempet, soalnya seliweran di FYP.
    Menarik nih dari ceritanya. Thankyouu!!! 😍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please follow us on Instagram @unitalk.id and Twitter @unitalkid! See you there!