Review Drama Korea Narco-Saints

Adaptasi Kisah Nyata, Jualan Narkoba Berkedok Agama

3 min read

narco-saints ha jung-woo hwang jung-min park hae-soo

Drama Korea Narco-Saints jadi salah satu tontonan paling ditunggu bulan ini. Lha gimana lagi, jajaran pemainnya nggak kaleng-kaleng. Ada Ha Jung-woo dari Along With the Gods (2017), Hwang Jung-min, Park Hae-soo dari Squid Game (2021), Jo Woo-jin, dan Yoo Yeon-seok dari Hospital Playlist (2020), serta aktor Taiwan Chang Chen.

Dinilai dari premis cerita, drama Korea Narco-Saints biasa aja

Memang nggak ada yang spesial. Seorang pebisnis biasa bernama Kang In-gu (Jung-woo) tanpa sengaja terlibat perdagangan narkoba di Suriname saat dia baru aja memulai bisnis ekspor ikan pari. Dia sudah melobi kepolisian setempat yang minta “jatah”, eh masih dipalak preman Tiongkok Chen Zhen. Katanya, polisi itu melindungi In-gu di daratan, sedangkan wilayah laut adalah teritorinya.

Sulit menemukan jalan tengah dengan Chen Zhen, In-gu pun pergi ke Korean church rekomendasi sang istri, Hye-jin (Choo Ja-hyun). Sebenarnya, Hye-jin keberatan suaminya pergi jauh. Tapi karena In-gu bersikeras, dia disuruh tetap pergi ke gereja tiap Sabtu. Di situlah In-gu kenal Pastor Jeon Yo-hwan (Jung-min) Si Gembong Narkoba.

narco-saints korean drama
In-gu (Jung-woo) dan partner bisnisnya, Eung-soo (Hyun Bong-sik), saat pertama kali bertemu Pastor Yo-hwan (Jung-min)

Narco-Saints jadi unik karena dibalut agama

Untung drama ini garapan Korea Selatan dan nggak mengusung Islam ya. Jadi, sampai saat ini sih belum ada berita viral kalau Narco-Saints diprotes karena menggambarkan pemuka agama sebagai bandar narkoba he he.

Sejak awal Yo-hwan adalah bos narkoba yang lolos saat tempatnya digerebek polisi. Dalam pelarian tersebut dia menemukan cara yang lebih smooth dalam berjualan narkoba. Yaitu dengan mencampur narkoba ke dalam minuman anggur saat perjamuan kudus. Tapi, karena masih di Korea, ada polisi yang minta “jatah” tutup mulut. Merasa rugi kalau terus-menerus harus menyuap polisi, dia pun pindah ke Suriname.

Sebagai gembong narkoba berkedok pastor, aktor Hwang Jung-min cocok banget! Waktu pertama kali karakternya dikenalkan, penonton dibuat sulit percaya kalau dia tulus membantu In-gu. Tapi sebagai pastor, dia tampak meyakinkan banget. Nah loh, jadi punya trust issue sama diri sendiri kan.

drama korea narco saints netflix
In-gu dan Changho dari BIN saat menyamar sebagai pembeli yang bisa mengimpor kokain ke Korea Selatan (Foto: Cho Wonjin/Netflix)

Ada yang mengkritik karena kurang adegan action

Bagiku, ini bukan hal yang berarti sih. Justru kebanyakan film action terlalu menonjolkan aksi tembak-menembak atau bela diri tanpa cerita yang matang. Sedangkan drama Korea Narco-Saints sepertinya ingin fokus pada aksi In-gu melobi Chen Zhen sebagai penjual sabu-sabu dan Yo-hwan sebagai penjual kokain demi bisa bertahan hidup.

Tapi tenang, ada adegan tembak-menembak kok di sini karena pada dasarnya Chen Zhen dan Yo-hwan sama-sama ingin memonopoli perdagangan narkoba di Suriname. Bahkan, untuk menggambarkan kebrutalan Chen Zhen, ada beberapa adegan pemotongan anggota tubuh yang cukup ngeri. Jadi, hati-hati ya yang nggak suka gore.

chang chen narco saints
Chang Zhen (Chang Chen), Pentolan preman Tiongkok di kawasan Pecinan yang menjual sabu-sabu (Foto: Cho Wonjin/Netflix)

Padahal, In-gu ini bisa bela diri taekwondo lho

Seolah ingin membuat In-gu relatable, beberapa kali dia terlihat bisa berkelahi, tapi akhirnya tetap kalah. Lha lawannya kriminal dan preman. Sedangkan dia berlatih taekwondo cuma di bangku sekolah. Aku suka keputusan ini. In-gu nggak digambarkan sebagai hero protagonis yang bisa segalanya dan menang di segala hal.

Bahkan, keputusan In-gu pergi ke Suriname sangat manusiawi. Dia tumbuh melihat sang ayah berangkat kerja saat matahari belum terbit. Ketika ibunya meninggal, dia heran kenapa ayahnya nggak meneteskan air mata. Nggak lama, saat ayahnya juga tiada, dia mengerti bahwa beban hidup yang berat membuat dia nggak bisa menangis.

Dengan dua anak yang masih kecil dan seorang istri yang nggak pernah menuntut lebih, In-gu simply cuma nggak ingin hidupnya dihabiskan buat kerja keras aja. Jelas dia nggak mau anaknya hidup miskin, tapi dia juga ingin punya waktu menikmati hidup bareng mereka. Oleh karena itu, peluang bisnis ikan pari pun disikat.

narco saints netflix
Aksi jual-beli kokain yang berujung baku tembak (Foto: Cho Wonjin/Netflix)

Tapi ending Narco-Saints agak mengecewakan ya?

SPOILER ALERT!!!
    Menurutku cara In-gu berkelit ke sana-ke sini di antara para mafia tuh seru lho. Aku jadi menyadari betapa pentingnya skill lobbying dan negosiasi dalam kehidupan. Tapi sayangnya, aksi penangkapan sang pastor kok biasa aja. Dijebak, tertangkap, sudah. Padahal, beberapa saat sebelum transaksi gongnya, Lee Sang-jun (Kim Min-gwi), salah satu orang kepercayaan Yo-hwan, melihat In-gu dan seseorang kode-kodean. Melihat kehebatan Yo-hwan mencium “bau busuk”, aku kira akan ada plot twist lagi.

Selain itu, ada masalah yang menurutku belum terselesaikan. Selama menginap di istana tempat tinggal Yo-hwan, In-gu melihat beberapa wanita dihukum fisik. Cukup brutal sebenarnya. In-gu merekam kejadian itu dan suatu malam dia bertemu gadis cilik (Ahn Se-bin) yang minta pertolongan. Sebelum mereka berbicara banyak, segerombolan wanita yang dipimpin aktris Lee Bong-ryun datang menjemput si anak.

Siapa mereka? Memang sempat diceritakan bahwa salah satu cara Yo-hwan menyelundupkan kokain adalah membalutnya dengan tepung dan dimakan oleh wanita-wanita itu. And then what? In-gu sempat menceritakan hal ini kepada Chang-ho, petugas NIS (National Intelligence Service) yang membuatnya terlibat dalam penangkapan Yo-hwan. Tapi sampai akhir cerita nggak dijelaskan bagaimana nasib para wanita tersebut.

Apakah artinya akan ada drama Korea Narco-Saints season 2?

SPOILER ALERT!!!
    Beberapa bulan setelah penangkapan, In-gu diperlihatkan kembali ke bengkelnya. Chang-ho datang untuk mengabarkan bahwa Yo-hwan dijatuhi hukuman penjara selama sepuluh tahun. Hal itu mirip dengan kisah nyata yang menjadi inspirasi drama Korea ini. Cho Bong-haeng, gembong narkoba Korea aslinya, ditangkap oleh Kepolisian Brazil di Bandara Sao Paulo pada 2011. Setelah selesai menjalani hukuman sepuluh tahun, keberadaannya nggak pernah diketahui. Kabarnya sih dia kembali ke Suriname.

    Nah, dalam Narco-Saints, Chang-ho bilang kalau Yo-hwan minta bola baseball-nya kembali. Saat di Suriname, Yo-hwan memberi In-gu bola yang ditandatangani atlet favoritnya. Jimat keberuntungan katanya. Padahal, Yo-hwan ini dikenal suka memberi merchandise palsu. Kok aneh ya? Apakah ada sesuatu di dalam bola tersebut? Atau ada implikasi bahwa Yo-hwan akan mendatangi In-gu lagi?

Well, sampai tulisan ini dibuat belum ada konfirmasi apakah Narco-Saints akan dilanjutkan di season 2. Tapi dari segi cerita, kemungkinan itu ada. Meski begitu, mengingat kisah akhir si gembong narkoba in real life masih jadi misteri, ada kemungkinan Narco-Saints sengaja diberi open ending seperti cerita aslinya.

narco-saints netflix
Kim Min-gwi dan Jo Woo-jin tampil apik sebagai orang-orang kepercayaan Sang Pastor (Foto: hancinema)

Drama Korea Narco-Saints (2022)

Sutradara: Yoon Jong-bin

Story
Acting
Entertain

Review Drama Korea The Glory

R
1 min read

Review Drama Korea The Fabulous

R
1 min read

Review Drama Korea Connect

R
1 min read

28 Replies to “Review Drama Korea Narco-Saints”

  1. Klo ga kliru, pihak Pemerintah Suriname sempat mengajukan keberatan dgn drama ini ya?
    Karena kesan yg kurang baik gt terhadap posisi negara Suriname.
    Plot dan konfliknya baguus yha

  2. Soal Agama ini seperti obat mujarab ya untuk jadi bungkus masalah apapun . Dan semua masalah bisa jadi auto benar karena berbungkus agama….ibarat kata baju nya pakai agama kelakuan menyerupai yg terlarang seperti narkoba ya orang akan banyak maklumnya dunia emang sudah serancu ini hehehe

  3. Aku sering guyonan, drakor tuh alur dan ceritanya selalu nendang, selalu membekas usai ditonton, apapun genrenya.
    Beberapa kali aku ketagihan drakor, makanya sekarang nonton drakornya dikurangi, haha.
    Baca ini jadi pengin deh, dilist aja dulu deh

  4. oh ini drama yang direkomendasiin Korea Reomit

    di channel Youtubenya dia cerita tentang Suriname, jadi saya pikir judulnya Suriname

    Ternyata bukan

    tambah pingin nonton setelah baca review lengkap ini

  5. wah cerita soal mafia nih memang menarik untuk disimak, jadi pengen nonton ah drakor narco-saints ini, penasaran kan nih jadinya huhu

  6. Kaak, ini nontonnya di mana ya? Netflix ada gak? Duh seru banget kayanya, aku jadi penasaran

  7. Masih masuk daftar drama Korea yang pengen Saya tonton kalau ada kesempatan. Soalnya genrenya saya suka, line up pemainnya keren dan penasaran sama kenapa Suriname yang dipilih jadi lokasi perdagangan barang terlarang tsb.

  8. Saya deg-degan dari awal sampai akhir nonton drama ini. Tekanan psikis, perkelahian, penipuan dan jalan ceritanya seru dan tragis. Semua pelakon juga actingnya patut dapat pujian. Salah satu drama intense yang bagus menurut saya.

  9. Membaca judulnya saja bikin saya penasaran. Padahal saya bukan penggemar drakor.
    Tapi saya suka jalan cerita yang deketif2 begini pokoknya yang mirip2 mafia begini.
    Makasi reviewnya kak, saya malah suka yang spoiler2 😁

  10. Drakor yang masuk ke Indonesia ini genrenya beragam juga ya, mulai dari yang mellow, romance, comedy, kingdom, hingga thriller sekalipun. Saya penikmat dracin soalnya, tapi saya suka juga kalau nonton dracin yang mellow-mellow kayak endless love dulu. Ada rekomendasi drakor mellow nggak Mbak? Mau dong kalau ada.

    1. Waduh, aku justru kurang suka dracin melow he he he. Our Beloved Summer termasuk nggak ya? Itu slow dan manis banget soalnya

  11. Bentar, baru kali ini nemu drama Korea ada dibalut agama 😅 menarik ini soal narkoba. Aku agak loading kenapa disebut bisnis ikan pari tuh. Aku mau nonton juga ah, noted simpen dulu judulnya buat weekend

  12. Jujurly, saya bukan pecinta drakor… Tapi setelah baca review kakak tentang Drama Korea Narco-Saints ini, saya jadi tertarik mau nonton… Temanya unik, pemainnya bikin penasaran…
    Oke fixed, saya masukkan ke dalam keranjang watchlist aku ya…

  13. Waahhh, ada Yoo Yeon-seok 😀
    Saya belum nonton sih tapi memang tertarik jadinya karena ada Yoo Yeon Seok, masuk list dulu lah ini…

  14. Untung itu di Korea Selatan yang terserah Lo deh
    Kayanya kalau di negara wakanda, meski yg mengusung agama non muslim, tetap bakalna ada demo keberatan atau dugaan menyudutkan ras.
    Apapun yg pasti kita mah ambil pelajaran baiknya saja ya. Karena semua agama melarang jual beli narkoba

  15. Kalau rilis di Indonesia wah bisa di protes ini film soalnya isu sara pasti sensitif banget hehe tapi jalan ceritanya unk juga dan out of the box

    1. Tapi emang dirilis di sini kok. Ada di Netflix. Meski isunya sensitif, tapi nggak nyenggol Indonesia ataupun muslim. Jadi so far nggak ada masalah sih

  16. Kalau ada adegan action memang lebih menarik.
    Tapi ini sesuatu sih tema yang diangkat. Bikin penasaran juga

  17. Waah…aku suka aku sukaa..
    Narco Saint ini salah satu drama NF yang sepertinya bakalan ada season 2. Soalnya kaya kebiasaan si NF Series yaa.. bikin nggantung ending alias keknya masih bisa nih, diduitin.
    hahah..
    Beneran drama ini bagus, hanya agak tergelitik karena ada balutan agamanya.

  18. Pemainnya keren2 belum lihat sih Aku klo udah spoiler agak males klo ending ya gantung yang bikin orang penasaran ditunggu Aja ah reviewnya Narco-Saints nya ya kak kelanjutan mudah2an Ada session ke2

  19. Wahhh keren banget ide ceritanya, jual narkoba berkedok agama gak tuh. Emang Netflix juaranya deh drama dengan cerita unik. Kalau ada waktu nonton ahh

  20. Wah, ceritanya bersambung berarti ya, kalau diperkirakan ada session 2. Paling bisa memang kalau Korea Selatan bikin drama, menurut saya menarik juga sih kisah Bandar narkoba sekaligus pemuka agama. Pasti Kan orang nggak akan nyangka.

  21. huaaa drama Korea kenapa bagus bagus banget sik! Narco saints ini pernah lewat di beranda Youtube sepertinya dan emang bikin penasaran!

  22. Cerita tentang mafia narkoba ya. Entah kenapa kalau dijadikan drama Korea, tetap terlihat menarik karena kemasannya beda. No action gak apa apa bagi saya. Justru ceritanya yang matang itu yg paling penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please follow us on Instagram @unitalk.id and Twitter @unitalkid! See you there!