Review Drama Korea The Glory

Diajak Membenarkan Aksi Balas Dendam karena Traumanya Terasa!

1 min read

The Glory Korean Drama Netflix 2022

The Glory berhasil menutup tahun 2022 dengan apik. Bertahun-tahun setelah drama Korea Full House (2004), akhirnya aku bisa melihat Song Hye-kyo berada di tempat yang tepat. Apalagi, drama yang tayang di Netflix ini merupakan garapan Kim Eun-sook, penulis Descendants of the Sun (2016), Guardian: The Lonely and Great God (2017), dan Mr. Sunshine (2018). Jelas nggak kaleng-kaleng!

Drama Korea The Glory bercerita tentang misi balas dendam Moon Dong-eun kepada para perundungnya.

Mereka adalah Choi Hye-jeong (Cha Joo-young), Lee Sa-ra (Kim Hieora), Jeon Jae-jun (Park Sung-hoon), dan The Queen Bee Park Yeon-jin (Lim Ji-yeon). Saat ini, usia mereka di akhir 30-an. The revenge is intense.

Tapi, kamu perlu tahu kalau drama ini mengandung banyak adegan bullying yang triggering. Yang nggak kuat dengan adegan seperti ini, mending mundur dulu ya. Bullying yang dilakukan Yeon-jin and the gang di bangku SMA benar-benar brutal! Aku bahkan sampai merinding dan ikut menangis.

Luka yang didapat Dong-eun sudah di luar nalar.

Dia disiksa secara verbal, tubuhnya disakiti sampai penuh bekas luka, dan bahkan dia disakiti secara seksual! Nggak heran kalau mentalnya nggak karuan sampai devoting her life untuk balas dendam.

Yap, The Glory sukses bikin penonton ingin mendukung misi tersebut. Dikemas dalam bentuk flashback, menurutku kesuksesan ini nggak lepas dari akting ciamik aktris muda Jung Ji-so yang memerankan Dong-eun saat di-bully semasa SMA. Ekspresinya… Wih, daebak. Shin Ye-eun (versi muda) dan Lim Ji-yeon juga cocok banget jadi bullies yang “bungkusnya” manis.

Jung Ji-so The Glory
Jung Ji-so memerankan Dong-eun versi muda

Pada dasarnya, Dong-eun adalah orang baik. Meski kita tahu misinya jahat, aksi-aksinya nggak brutal. Jadi kayak diam-diam mematikan gitu lho. Misalnya, jadi wali kelas Ha Ye-sol, putri semata wayang Yeon-jin. Itu kan sudah bikin musuhnya anxious, nggak bisa tenang karena takut anaknya disakiti.

Awalnya, kukira pertarungan ini melibatkan adegan action. Sebab, di episode pertama sempat diperlihatkan Dong-eun menerkam Yeon-jin dengan pisau. Tapi ternyata itu hanya penggambaran emosinya. Sedangkan aksinya, balik lagi, Dong-eun basically orang baik.

Ada romance-nya nggak?

Song Hye-kyo Lee Do-hyun The Glory Netflix
“I’m not looking for a prince. I’m looking for an executioner.”

Ada dong, tapi nggak cheesy. Saat udah dewasa, Dong-eun secara nggak sengaja cross path sama Joo Yeo-jeong (Lee Do-hyun). Dia adalah seorang dokter bedah plastik yang juga punya trauma dan keinginan balas dendam. Not bullying, melainkan pembunuhan mendiang ayahnya. Sejauh ini sih nggak terlalu dibahas. Kemungkinan akan dibahas detail di The Glory 2.

Di sisi lain, Ha Do-yeong (Jung Sung-il) adalah orang yang sangat berpengaruh. Dia selalu kalem, thoughtful, tapi berbahaya. Dia menikahi Yeon-jin dan sangat menyayangi putrinya. Suatu hari dia bertemu Dong-eun yang juga bermain Go. Kepincut deh. Tapi ketertarikan Do-yeong sangat subtle ya. Belum ke arah romance. Mungkin karena dia tipe orang yang memperhitungkan segalanya.

Aku belum bisa bilang The Glory ini drama Korea favoritku ya. Aku masih harus nonton part kedua yang rencananya tayang pada Maret 2023. Kalau kamu bingung mau nonton apa, cobain aja delapan episode pertamanya. Akting dan ide ceritanya bagus kok, tapi ya belum “sebagus itu” he he.

The Glory (Netflix)

Sutradara: Ahn Gil-ho | Penulis: Kim Eun-sook

Originality
Plot
Characters
Music Score
Entertainment Value

Worth to try, tapi agak brutal!

Berbagai jenis bullying ada di sini dan ditimpakan ke satu orang, yakni pemeran utamanya. Meski begitu, aksi balas dendamnya bukan fisik, melainkan lebih ke permainan strategi. Seperti apa sih?

3.9

One Reply to “Review Drama Korea The Glory”

  1. Serius aku penasaran banget sama ending dan nunggu2 semua pembully nya sakit mental. Cuma liat beberapa episod di tiktok, dan suka. Tapi karena males liat drakor, akhirnya aku ke sini, pengen tau gimana lengkapnya. Ternyata belom selese ya? Bakal ada lagi? Please update kalau sudah ada season 2. Thankyou min!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please follow us on Instagram @unitalk.id and Twitter @unitalkid! See you there!